-->

Saat Main di Kota Medan Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata di Medan Yang Paling Terkenal

Advertisemen
Tempat Wisata di MedanSumatra utara merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diminati di pulau Sumatra. Kota ini menyimpan beragam hal yang menarik yang sayang kalau tidak dikunjungi. Beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi di kota ini adalah:


Istana Maimun
5 Tempat Wisata di Medan Yang Paling Terkenal
Istana Maimun (Foto : 8mp8api.com)


Istana Maimun merupakan peninggalan dari Kesultanan Deli di tanah Sumatera. Hingga saat ini, Istana Maimun masih dianggap sebagai istana termegah dan tercantik yang pernah dibangun serta masih dapat dilihat di Indonesia. Istana ini memiliki luas lebih dari 2,700 meter dan  memiliki lebih dari 30 buah ruangan dengan desain interior yang merupakan perpaduan budaya Melayu, Islam, Spanyol, dan Italia. Istana ini memiliki dua lantai dengan tiang batu dan kayu sebagai penopang. Bangunan istana ini menghadap arah utara dan tepat di depannya berdirilah Masjid Al-Mashun atau yang terkenal dengan nama Masjid Raya Medan.

Istana Maimun berada di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kecamatan Medan Maimun, Medan. Untuk dapat masuk Istana Maimun anda cukup membayar  5,000 Rupiah per orang. Disini anda bisa berfoto-foto di bangunan bersejarah ini, selain itu  juga dapat melihat-lihat koleksi perabotan Belanda kuno, koleksi foto-foto kelaurga sultan, dan koleksi macam-macam senjata.


Danau Toba
5 Tempat Wisata di Medan Yang Paling Terkenal
Danau Toba (Foto : id.wikipedia.org)


Danau Toba merupakan danau vulkanik terindah yang dimiliki Indonesia. danau ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Danau ini termasuk unik karena ada sebuah pulau di tengah Danau Toba yaitu Pulau Samosir. Di Pulau Samosir terdapat dua desa yang banyak dikunjungi wisatawan yaitu Tomok dan Tuktuk. Di Tomok anda dapat mengunjungi Makam Raja Sidabutar, Museum Batak dan pertunjukan tari boneka Sigale-gale yang popular. Sementara di Tumuk anda dapat menemui banyak penginapan di sini. Danau Toba juga dikelilingi oleh hutan pinus dan beberapa air terjun dan juga pemandian air hangat di dalam hutan. Anda bias bayangan sejuknya dan indahnya pemandangan disini.


Salju Panas Dolok Tinggi Raja
5 Tempat Wisata di Medan Yang Paling Terkenal
Salju Panas Dolok Tinggi Raja (Foto : jadiberita.com)


Salju Panas Dolok Tinggi Raja murupakan sebuah kawasan bukit kapur dengan warna yang unik yaitu bewarna putih sehingga menyerupai salju. di tengah-tengah kawasan ini terdapat danau air panas yang berwarna biru kehijauan. Sumber air panas yang mencapai suhu sekitar 90 derajat celcius Kawah Putih Tinggi Raja ini berasal dari bukit-bukit kecil yang ada di daerah tersebut, sehingga air panas itu sapai bisa digunakan untuk merebus telur hingga matang. Aliran air panas mengalir diantara bebatuan kapur yang berundak-undak, peristiwa ini menjadikan batuan tersebut menjadi putih bersih seperti salju. Sebagian orang menyebutnya dengan Salju Panas.

Keunikan lain dari Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah  terdapatnya aliran air sungai yang tercampur dengan curahan air panas. Namun campuran air ini tidak terasa panas. Banyak pengunjung yang mandi di sini. Sungai ini terletak tak jauh dari kawah putih. Untuk menuju tempat ini anda harus melewati  jalan yang  masih penuh bebatuan. Untuk masuk ke sini Anda tidak perlu membeli tiket masuk. Cukup membayar uang parkir kendaraan yang Anda titipkan sebesar Rp. 5.000. Dari tempat parkir, Anda cukup berjalan kaki dengan sedikit menanjak bukit sejauh 200 meter untuk mencapai kawasan kawah putih.


Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit
Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit (Foto:travelomia.com)


Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit berada di Kabupaten Deli Serdang,  Berbatasan dengan wilayah Kabupaten Karo. Air terjun ini disebut dwi warna karena berada di telaga yang berwarna biru yang dingin dan juga di dekat air terjun berwarna putih yang hangat. perbedaan warna ini disebabkan karena adanya kandungan fosfor dan belerang, sehingga anda tidak boleh meminum airnya. Air terjun ini berasal dari letusan gunung sibayak yang membentuk aliran sungai yang dialiri belerang dan kemudian bersatu dengan resapan air hutan. Dengan begitu air menjadi terasa dingin dan berwarna biru.

Untuk menuju lokasi air terjun ini anda harus melewati hutan dengan perjalanan sekitar 2-3 jam. Untuk tiket masuknya dikenakan biaya Rp. 25.000; dan jika anda membutuhkan pemandu anda perlu membayar Rp. 100.000- Rp. 300.000 tergantung jumlah rombongan anda.


Air Terjun Sigura-gura
Air Terjun Sigura gura (Foto:eloratour.wordpress.com)


Air Terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir yang tak lain adalah dataran tinggi di pinggiran Danau Toba, tepatnya 250 km dari pusat Kota Medan. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 250 meter. Air yang mengalir dan menjadi Air Terjun Sigura-Gura ini bersumber dari Sungai Asahan yang mana, air Sungai Asahan ini datangnya dari Danau Toba. Sungai-sungai tempat aliran air terjun Sigura-Gura juga kerap dijadikan tempat untuk ajang kompetisi olahraga air seperti rafting kancah nasional dan internasional. Suasanan di tempat ini masih tampak begitu asri dengan pemandangan yang masih terjaga keasriannya, dengan dikelilingi pepohonan yang hijau dan juga tebing tebing yang cukup terjal.


Untuk menuju lokasi ini, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum, apabila menggunakan kendaraan umum, biasanya akan dipatok dengan harga Rp 35.000-45.000. 
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments