-->

Wisata Pantai Belitung dan Gunung Menumbing Yang Membuat Hati Menjadi Teduh dan Sejuk

Advertisemen
Wisata Pantai Belitung dan Gunung Menumbing ~ Bangka belitung merupakan salah satu propinsi di sumatra yang sekarang mulai terkenal dengan wisata pantainya sejak kemunculan film laskar pelangi. Memang propinsi ini memiliki banyak sekali pantai yang indah. tetapi selain pantai propinsi ini juga punya wisata sejarah yang layak dikunjungi. Beberapa tempat ini bisa anda jadikan referensi untuk berlibur di bangka belitung :


1. Pantai Tanjung Tinggi
Wisata Pantai Belitung dan Gunung Menumbing
Pantai Tanjung Tinggi (Foto:klikhotel.com)


Pantai Tanjung tinggi terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, jaraknya 30 km dari pusat kota Tanjungpandan. Pantai inilah yang menjadi tempat syuting film laskar pelangi. Keindahan pantai ini terletak pada hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau tosca kebiruan serta hamparan bebatuan yang berada di sekitar pantai. 

Patai ini berbentuk teluk, sehingga arus ombak di pantai ini relatif kecil dan sangat cocok untuk aktivitas berenang, berjemur, snorkel, memancing, bermain jetski, hingga berjelajah dengan kano. Namun, Anda harus tetap berhati-hati agar tidak tersengat oleh ubur-ubur.selain itu pantai ini terdiri dari batu-batu granit yang beraneka ragam bentuknya sehingga sangat cocok sekali anda pakai untuk berfoto-foto ria.



2. Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang (Foto : safyrabelitung.com) 


Pantai Tanjung Kelayang terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, jaraknya 27 km dari pusat kota Tanjungpandan. Pantai ini sangat terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara karena sering diadakan sail indonesia yang mendatangkan ratusan perahu dari beberapa negara. Keindahan pantai ini terletak pada Bebatuan granit yang menawan dengan salah satu formasi batu yang membentuk kepala burung dan kura-kura raksasa, serta hamparan pasir putih yang bersih. Keunikan lain dari pantai ini adalah pasir putihnya yang padat sehingga sering di pakai untuk adu balap motor. 

Disini anda juga bisa berenang, snorkeling, voli pantai, sepakbola atau sekedar bermain layang-layang. Saat sore hari anda bisa menyaksikan panorama matahari yang indah disini.



3. Pantai Parai Tenggiri
Wisata Pantai Belitung dan Gunung Menumbing
Pantai Parai Tenggiri (Foto : backpackerakhirpekan.blogspot.com)








Pantai Parai Tenggiri terletak di Sinar Baru, Sungailiat, Bangka Belitung, jaraknya sekitar 40 km dari ibukota Provinsi Bangka Belitung, Pangkalpinang. Keunikan pantai ini terletak pada batuan granitnya yang beraneka ragam bentuknya serta bentuknya yang unik. Jadi anda bisa mengabadikan perjalanan anda disini dengan foto ria diatas bebatuan ini.  Selain kitu Pantai ini landai dengan ombak yang lembut dan Pasir putih dengan air laut yang menghijau sehingga menambah keindahan dari pantai ini. Maka tak heran kalau pantai ini merupakan pantai yang paling populer di bangka belitung.

Disini anda bisa berenang, snorkeling, memancing dan menyelam. Untuk masalah peralatan anda tidak perlu khawatir karena disini cukup disediakan peralatan untuk disewa. Jika anda ingin mencoba kegiatan yang memacu adrenalin anda, silahkan mencoba  jetski, parasailing dan banana boat.

Untuk masuk ke area pantai ini anda akan dikenakan biaya Rp.50.000; per orang tapi tiket ini nanti dapat ditukarkan dengan makanan atau minuman yang ada di restoran yang terletak di pinggir pantai.



4. Pantai pasir padi
Wisata Pantai Belitung dan Gunung Menumbing
Pantai Pasir Padi (Foto : bangkatour.com)


Pantai ini terletak di Jl. Pantai Pasir Padi Kecamatan Bukit Intan dan berjarak sekitar 7 Km dari Kota Pangkalpinang. Pantai ini dinamakan pantai pasir padi karena memiliki pasir yang bentuknya mirip dengan bulir-bulir padi. Karena bentuk pasirnya yang padat maka pantai ini sering dijadikan ajang untuk balap motor. Selain itu anginya juga tidak begitu kencang dan pemandangan matahari terbenamnya juga sangat indah, cocok sekali untuk pasangan yang sedang romantis.  Ombak lautnya pun tenang. Maka tak heran kalau pantai ini merupakan pantai yang paling populer di bangka.

Disini anda berenang, snorkeling, voli pantai, sepakbola atau sekedar bermain layang-layang. Jiak anda bosan maka anda bisa menjelajah dua pulau yang indah yang berada dekat pantai ini yaitu Pulau Panjang dan Pulau Semujur.

Untuk masuk ke pantai ini anda akan dikenakan biaya sebesar Rp.10.000;. untuk parkir motor Rp.2000,- dan mobil Rp.4000,-.



5. Gunung Menumbing
Wisata Pantai Belitung dan Gunung Menumbing
Gunung Menumbing (Foto : beritasatu.com)


Gunung Menumbing yang terletak di daerah Muntok pada arah Barat Laut Pulau Bangka. Di puncak ngunung ini terdapat sebuah wisma yang dahulunya dipakai untuk tempat pengasingan proklamator kita yaitu soekarno. Wisma ini memiliki ketinggian mencapai 450 meter dari permukaan laut maka jika anda berkunjung kesini bawalah jaket karena udaranya cukup dingin.

Untuk menuju ketempat ini anda harus menempuh jalanan berkelok-kelok yang hanya bisa dilewati satu mobil saja. Disisi jalan banyak pohon menjulang dan batu-batu besar yang unik yang akan membuat anda tidak akan bosan untuk melewatinya.


Jika anda sudah sampai wisma ini anda bisa melihat ruangan rapat yang cukup luas dengan meja kursi tertata rapi, selain itu anda juga bisa melihat mobil ford yang dulu sering dipakai bung karno. Bagi anda yang ingin melihat sejarah pengasingan bung karno dulu maka anda bisa melihat foto-foto dan surat-surat yang masih ditata rapi di raungan bung karno. Tapi jika nada sedang haid anda dilarang masuk ruangan ini.

Semoga kumpulan tempat wisata di pulau belitung diatas semakin menabah kasanah wisata anda, dapatkan aneka informasi wisata di indonesia yang lainnya pada website ini
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments