-->

Kalau Sedang Main Ke Jogja Jangan Lupa Oleh-oleh Asli Jogja Yang Enak dan Mak Nyoos, Rugi Kalau Tidak Nyoba

Advertisemen
6 Oleh-oleh Asli Jogja ~ Kalo kamu wisata ke jogja tidak lengkap rasanya kalo kamu tidak beli oleh-oleh khas jogja untuk kerabat. Nah jogja itu kan terkenal akan gudeg dan bakpianya, tapi tidak Cuma itu loo banyak kok oleh-oleh khas jogja. Nah simak penjelasan dari enjoy indonesiaku mengenai beberapa tempat untuk belanja makanan oleh-oleh khas jogja diantaranya :

gudeg kaleng mbak yayah, bakpia Djava, Cokro telo, madu mongso pak Yan, Piapia, peyek Mbok Tumpuk.

Berikut beberapa paparan oleh-oleh kas jogja

1. Gudeg kaleng mbak yayah
Gudeg Kaleng Mbak Yayah Yogyakarta (Foto : rri.co.id)

Gudeg memang merupakan salah satu ikonya kota jogja makanya para penjual gudeg disini pun berusaha bagaimana supaya gudeg ini bisa tahan lama dan bisa dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan salah satu caranya ya mengemasnya dalam bentuk kaleng.

Gudeg kaleng ini sebenarnya sudah diedarkan ke tempat oleh-oleh khas jogja tapi masih terbatas jadi kalo kamu ingin langsung membelinya langsung saja datang ke tempat gudeg ini di Jalan Monjali No. 20, Nandan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman tepatnya samping restoran Jepang Ai Royal Unagi.

Oh ya walaupun gudeg ini dimasak tanpa menggunakan pengawet tapi bisa tahan sampai satu tahun lho. Isinya pun juga sama kayak gudeg biasanya yaitu  Gori (Nangka Muda), Krecek (Krupuk dengan bahan dasar Kulit Sapi), Sambal Goreng Tempe, Telur Itik, Daging Ayam Kampung, Kacang Tolo, Areh dan Cabe.

2. Bakpia Djava
Proses Pembuatan Bakpia Djava (Foto : tourismsleman.com)

Walaupun banyak sekali toko bakpia tapi tempat satu ini tidak ada salahnya kamu kunjungi. Karena sudah mulai dirintis sejak tahu 1970 maka rasanya dijamin mak nyooos deh.. Sebelum membeli kamu bisa mencicipi rasanya karena memang dikasih tester gratis kok. satu lagi keistimewaaanya, disini pun kamu bisa melihat proses pembuatan sampai pengepakan bakpia Pokoknya tidak rugi datang kesini.

Untuk membeli bakpia Djava ini pun tidaklah susah. Sudah ada 2 toko yang dibangun untuk melayani para pembeli yaitu  di Jl. KS. Tubun no. 93, Jalan Laksda Adi Sucipto kilometer 8,5. Untuk lokasi parkir tidak perlu khawatir toko yang di Jl laksda Adi Sucipto ini dilengkapi parkir yang luas yang mampu menampung 20 bus dan 10 mobil pribadi.


3. Cokro Telo cake
Outlet Cokro Tela Cake (Foto : Kuliner.panduwisata.id)

Kalau kamu ke jogja rasanya rugi kalo tidak membeli aneka olahan  kue dari telo yang adanya cuma di jogja saja yaitu cokro telo cake, meskipun oleh-oleh ini tergolong baru yaitu baru tahun 2009 tapi soal rasa tidak kalah kok sama cake yang berbahan dasar tepung pada umumnya.

Cake yang ditawarkan disini ada banyak varian rasa lho yaitu coklat, keju, stroberi, blueberry dan kacang almond. Untuk masalh harga cake ini bisa dibeli mulai harga Rp 10.000;. selain cake di toko ini pun kamu bisa menjumpai kripik, bakpia samapi es krim yang semuanya bahan dasarnya adalah telo.


Kamu bisa menjumpai cake ini  di jalan HOS Cokroaminoto No 97, Bandara Adi Sucipto, Jalan Sultan Agung No 46 atau di depan Puro Pakualaman, Jalan Kaliurang Km 4,5, Malioboro Mall lower ground dan SPBU Maguwoharjo.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments