-->

Tempat Wisata Kuliner Khas Solo Yang Terkenal Enak, Pokoknya Wajib Dikunjungi

Advertisemen
Tempat Wisata Kuliner Khas Solo ~ Solo, siapa yang tak kenal dengan kota kecil di propinsi jawa tengah ini. Orang-orangnya yang ramah dan lemah lembut, sehingga muncul sebuah ungkapan, kalau ada orang yang lemah lembut dipanggil dengan sebutan 
"Putri Solo"

Ngomong ngomong masalah kota solo, kota yang satu ini memiliki makanan khas yang cukup terkenal, bahkan sudah tersebar sampai ke luar kota, Nah jika anda berkunjung ke solo, rugi kalau tidak mencicipi beberapa kuliner khas kota solo yang terkenal ini.

1. Timlo sastro
Tempat Wisata Kuliner Khas Solo Yang Terkenal Enak, Pokoknya Wajib Dikunjungi
Suasana RM. Timlo Sastro  (Foto : thehungrydoctor.net)


Timlo adalah kuliner semacam sop kaldu ayam yang berisi wortel, ati ampela, kentang, sosis solo dan daging ayam. Timlo memang merupakan makanan khas kota solo. Banyak sekali warung timlo di solo, bahkan sekarang ini timlo sudah menyebar ke beberapa daerah diluar solo. Salah satu warung timlo yang terkenal di solo adalah timlo sastro. Warung ini memang cukup popular karena sudah berdiri sejak 1952.

Warung Timlo Sastro terletak di Jalan Pasar Gede Timur No 1-2, Kota Solo. Warungnya cukup besar dengan lokasi yang cukup strategis, yakni di pertigaan jalan belakang Pasar Gede. Warung timlo ini buka setiap hari mulai pukul 6 pagi sampai 3 sore.
Satu hal lagi yang menarik dari tempat ii adalah adanya live music sehingga semakin menambah betah pengunjung yang datang. Maka tak heran kalo tempat ini sering sekali dijadikan sebgai tempat nongkrong.



2. Tengkleng bu Edi
Suasana Tengkleng Bu Edi ( Foto : travelmatekamu.com )


tengkleng adalah makanan yang dibuat dari tulang kambing yang menyisakan sedikit daging. Salah satu warung tengkleng yang popular di solo adalah tengkleng bu edi. Warung tengkleng ini terletak bawah gapura Pasar Klewer sisi utara. Walaupun cukup terkenal tapi warung ini bentuknya seperti pedagang kaki lima.

Warung ini buka dari pukul 12.30. tapi sebelum warung dibuka biasanya pelanggan sudah banyak yang antri  maka tak heran kalau sudah habis  hanya dalam waktu 3 jam saja.



3. Sate Buntel Tambak Segaran
Tempat Wisata Kuliner Khas Solo Yang Terkenal Enak, Pokoknya Wajib Dikunjungi
Sate Buntel Tambak Segaran (Foto : pesonanegri.com)


Sate ini terdiri dari daging kambing cincang yang sudah dibumbui dan dibungkus dengan lemak kambing tipis. Saat dibakar, lemak akan meleleh dan menambah cita rasa sate buntel. Salah satu yang popular di solo adalah Sate Buntel Tambak Segaran yang terletak di Jalan Tambak Segaran 39, Solo. Pemilikya adalah generasi ketiga pelopor sate buntel.

Meskipun spesialis sate buntel, tapi warung ini juga menyediakan menu olahan kambing lainnya. Diantaranya adalah Gulai dan Tengkleng. Warung  ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 23.00.


4. Selat solo mbak lies
Tempat Wisata Kuliner Khas Solo Yang Terkenal Enak, Pokoknya Wajib Dikunjungi
Selat Solo Mbak Lies (Foto:stat.k.kidsklik.com)


Selat solo adalah makanan asli dari solo yang isinya wortel, buncis, ketimun, kentang goreng, selada telur kecap, dan daging, yang disiram dengan kuah semur plus ditambahkan mayones homemade yang rasanya kecut kecut segar. Salah satu warung selat yang popular di solo adalah Selat solo mbak lies. Warung ini sudah berdiri sejak 1987. Menurut mbak lies selat itu merupakan plesetan dari salad, kurang lebih sama seperti bistik yang dirubah dari steak milik orang bule.

Warung Selat Solo Mbak Lies lokasinya di Serengan Gg II/ 42 Solo. Menu andalan disini adalah selat bistik. Selain itu ada juga selat galantine. Selain menyediakan menu selat, Warung Selat Mbak Lies ini juga menyediakan timlo, gado-gado, acar tahu, stup macaroni dan sop sosis.Warung ini buka dari 09.00 sampai 17.00.


5. Nasi liwet wongso lemu
Tempat Wisata Kuliner Khas Solo Yang Terkenal Enak, Pokoknya Wajib Dikunjungi
Nasi Liwet Wongso Lemu (Foto : travelmatekamu.com)


Nasi liwet merupakan kuliner khas Solo yang terdiri dari nasi gurih ditemani oleh sayur labu siam, suwiran ayam, telur rebus, dan areh serta disajikan dengan dipincuk dengan daun pisang. Memang banyak sekali penjual di solo yang menjajakan nasi liwet ini tetapi salah satu yang popular adalah nasi liwet wongso lemu. Nasi Liwet Wongso Lemu  ini berada di daerah jalan Teuku Umar, Keprabon. Ada  tiga nasi liwet wongso solo disini dan pemiliknya semua bersaudara.

Keunikn dari nasi liwet disini adalah penjualnya yang masih memakai baju tradisional, selain itu kita juga akan makan diiringi music khas jawa. Nasi liwet ini buka dari pukul 17.00-02.00.



Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments